Ada Baiknya Lakukan Tes Kepribadian Saat Anda Melamar Pekerjaan

Ada Baiknya Lakukan Tes Kepribadian Saat Anda Melamar Pekerjaan

pelatihan otak

Dikala melamar profesi, tak cuma dijalankan percobaan kemampuan kognitif yang dimiliki seseorang, tapi juga dijalankan percobaan psikologi.

Percobaan psikologi ini dijalankan untuk membongkar beragam potensi dan kecakapan individu, termasuk didalamnya mengenai kepribadian seseorang.

Mengenai kepribadian ini, tentunya untuk mengenal apakah kepribadian seseorang itu layak dengan jabatan atau pekerja yang akan diembannya.

Bukan untuk menilai kejiwaan ataupun kematangan pribadi seseorang, tapi untuk mengenal kompetisinya dalam suatu bidang profesi tertentu.

Berdasarkan Psikolog Rika Indarti,  karakteristik kepribadian ini betul-betul besar imbasnya kepada daya kerja seseorang kepada suatu profesi.

“Teladan, tipikal orang pemalu, introvert ia ngelamar kerja sebagai sales, nggak akan sesuai. Karenanya intu gunanya percobaan psikologi,” ungkapnya.

Apalagi ketika ini, tak dapat diabaikan ketika melamar profesi orang tak lagi perduli apakah profesi hal yang demikian layak dengan keperibadianny, tapi coba melamar segala lowongan yang ada.

Karenanya, untuk menerima orang yang benar-benar layak dengan yang diperlukan perlu dijalankan seleksi percobaan psikologi untuk mengenal kepribadian orang hal yang demikian.

“Kini tugas dari perusahaan pemberi kerja semestinya betul-betul menyeleksi orang yang pas untuk profesi hal yang demikian,” kata Rika.

Dalam menilai kepribadian, sebagian aspek yang diukur nantinya akan berdampak dengan bagaimana ia berinteraksi dengan lingkungan kerjanya.

Rika menjelaskan, selai aspek kepribadian, ada tiga aspek lainnya yang menjadi ukuran dalam test psikologi ketika melamar profesi.

Kecakapan seseorang dalam memecahkan persoalan, kecakapan dalam mengelola tugas serta kecakapan dalam golongan.

 

Baca Juga: Cara Mencerdaskan Otak