Ratusan Koin Emas Bekas Peninggalan Masa Lalu Di Aceh

Ratusan Koin Emas Bekas Peninggalan Masa Lalu Di Aceh

Harga Cincin Berlian – Sebagian tahun yang lalu, tepatnya di akhir tahun 2013, Masyarakat Aceh sempat gempar dengan ditemukannya sebagian koin emas yang diduga sebagai mata uang dari kerajaan Aceh Darussalam di masa lampau.

Koin emas yang ditemukan warga hal yang demikian dikenal berjumlah sekitar 300 keping, dan ditemukan di sekitaran kawasan sungai Gampong pande, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh.

Dengan ditemukannya koin dirham ini oleh masyarakat setempat, kian meyakini bahwa memang semenjak zaman dulu kala, kawasan kerajaan Aceh kuno telah memakai keping emas sebagai alat tukar maupun sebagai mata uang kerajaan. Dan yang membuatnya kian unik, keping mata uang emas hal yang demikian dikenal masih mempunyai kekerabatan yang erat dengan beraneka kerajaan lain yang familiar di dunia.

Tgk H Harun Keuchiek Leumik yang adalah seorang kurator benda kuno dan bersejarah lainnya di Aceh mengatakan bahwa menurut hasil penelitian yang dilaksanakan terhadap 300 keping koin hal yang demikian, nampak bahwa terdapat sebagian artikel kaligrafi Arab pada tiap sisi koinnya.

Sesudah via sebagian penelitian lainnya, dikenal bahwa dirham emas hal yang demikian berasal dari masa pemerintahan 5 orang Sultan Kerajaan Aceh Darussalam, tepatnya sebelum abad ke 16. Demikian ini dikenal menurut terdapatnya nama-nama sultan hal yang demikian di sebagian sisi koin emas yang ditemukan.

Sebagian keping koin emas yang ditemukan malahan dikenal mempunyai diameter sekitar 11 milimeter dengan berat 0,600 gram, serta dengan kadar emas sebesar 18 karat.

Seperti yang sudah diceritakan diatas sebelumnya, bahwa kepingan koin emas hal yang demikian masih mempunyai kedekatan dengan kerajaaan-kerajaan lain yang ada di dunia. Salah satunya yakni kepingan dirham yang berasal dari Turki, dimana ukurannya lebih besar dari kepingan emas milik Aceh pada waktu itu. Untuk kadar emasnya sendiri malahan, kepingan koin emas turki mempunyai kadar yang menempuh 99% atau sekitar 24 karat.

Dan berdasarkan para spesialis sendiri, koin koin emas hal yang demikian dapat dihargai sekitar Rp 5-6 juta per kepingnya di masa kini ini. Ini sekalian menandakan bahwa pada masa lampau, kerajaan Aceh Darussalam sempat menjadi kerajaan terkaya yang ada di Nusantara.

Berharap mengenal perihal sejarah emas lainnya yang ada di Indonesia? Silahkan kunjungi www.passionjewelry.co.id kini juga, dan peroleh beraneka tulisan menarik, mengasyikan, dan informatif lainnya tentang perhiasan emas, perhiasan berlian orisinil dan lain sebagainya. Dapatkan juga beraneka koleksi perhiasan berlian terupdate, seperti cincin berlian wanita, cincin kawin, cincin tunangan unik, dan lain lain yang layak dengan Anda dan pasangan cuma di Passion Jewelry.

 

 

 

https://www.passionjewelry.co.id/