Bahan Baju Paling Ramah Lingkungan

Bahan Baju Paling Ramah Lingkungan

Apa pertimbanganmu dikala membeli baju? Apakah cuma dari contoh dan harganya? Mulai kini, mulailah untuk memastikan bahan materialnya juga. Diinfokan dari One Green Planet, banyak kain murah yang terbukti menyebabkan kerusakan serius untuk lingkungan dan juga binatang-binatang di bumi.

Bahan kain, seperti poliester, nilon, dan akrilik terbukti mengandung ribuan serat mikro plastik yang terlepas dikala dicuci. Ketika dibuang sebagai limbah, mikro plastik ini akan usai di lautan dan mencemarinya.

Tidak cuma itu, akan banyak spesies laut yang memakannya. Ironisnya, ikan-ikan laut hal yang demikian pada hasilnya kita konsumsi. Secara tidak lantas kita sudah memakan baju kita sendiri. Belum lagi pewarna baju yang dapat jadi mengandung bahan kimia yang membahayakan bagi lingkungan.

Seketika, sebaiknya bahan baju apa yang wajib kita beli supaya tidak mencemari lingkungan? Berikut sebagian di antaranya yang paling aman dan berteman untuk lingkungan!

Baca juga : Tempat Makeup Akrilik

1. Kain serat bambu
Pernahkah kau memandang ada kain yang terbuat dari serat bambu? Biasanya, bambu dapat ditanam dengan sedikit tambahan bahan kimia. Kain ini juga mempunyai sifat antibakteri natural dan bisa terurai di alam.

Kadang, kain bambu memang memakai bahan kimia berbisa untuk merubah tanaman menjadi kain. Cuma saja, Federal Trade Commission memberikan amanat bahwa perusahaan yang memakai pelaksanaan ini wajib melabeli produk mereka sebagai rayon berbasis bambu.

2. Kapas organik
Lebih dari 25 persen pestisida dunia dipakai untuk memproduksi kapas konvensional. Melainkan, kapas organik ditanam tanpa tambahan bahan kimia sintetik. Untuk kian yakin bahwa kain katunmu aman, carilah kain dengan pewarna natural supaya dapat mengurangi jumlah bahan kimia yang terbuang ke ekosistem kita.

3. Serat hemp
Kain ini dihasilkan dengan serat hemp. Hemp sendiri punya karakteristik, antara lain bisa ditanam tanpa pupuk; bisa ditanam tanpa atau dengan sedikit pestisida; gampang dipanen; dan tidak menghabiskan gizi tanah.

4. Daur ulang poliester
Serat ini terbuat dari kain poliester bekas dan botol soda yang menciptakan 75 persen jejak karbon yang lebih rendah ketimbang poliester murni. Poliester daur ulang memang mengandung antimon berbisa, melainkan sebagian perusahaan sudah mengupayakan untuk mengeluarkannya dari produk mereka.

Artikel terkait >> Akrilik Kosmetik

5. Kain kasmir
Kain ini terbuat dari serat protein kedelai, yang tersisa sesudah pengolahan kedelai menjadi makanan. Dengan semacam itu, serat ini aman untuk lingkungan.

6. Kain tencel
Tencel terbuat dari kayu selulosa natural dan bisa diuraikan oleh alam. Kain yang bersertifikat Forest Stewardship Council memakai bahan kimia berbisa yang sedikit.

7. Kain wol
Bahan wol bisa diperbaharui, bendung api, dan tidak memerlukan tambahan bahan kimia. Untuk itu, cari bahan wol bebas klorin. Sekarang sudah banyak pula wol organik yang diproduksi memakai praktik pertanian berkelanjutan dan tanpa bahan kimia berbisa.

Bahan-bahan di atas mungkin lebih susah ditemukan dan mahal. Melainkan, dengan membeli dan mengaplikasikannya, kau ikut serta dalam melestarikan alam dan mengurangi limbah yang merusak alam serta mengancam kelestarian binatang.

 

Info selengkapnya >> Acrylic display