Konstruksi Beton Yang Tahan Bencana

Konstruksi Beton Yang Tahan Bencana

Hasil penelitian itu tersimpan dalam komputer jinjingnya. Format mengerikan bambu itu boleh dibilang unik, berupa separuh lingkaran bambu, dan mempunyai panjang sekitar 25 centimeter.

Pada komponen atas, bambu tadi dipotong seukuran dua centimeter agar dapat dihubungkan dengan rangka beton. Sekiranya semua pengerjaan pembuatan mengerikan bambu selesai, alat hal yang demikian masih belum dapat dipakai.

Mengerikan tadi patut dikeringkan terpenting dahulu selama satu bulan guna mengurangi kadar air dalam bambu. Berikutnya, bambu juga patut dicat terpenting dahulu, lalu diberikan pasir. Cat itu bermanfaat untuk melekatkan pasir pada bambu. “Pemberian pasir di bambu agar mengerikan tidak bergeser selama berada di dalam harga besi beton tersebut yang murah.

Karena, pemakaian bambu di beton membikin rongga. Pasir ini bermanfaat untuk menutup rongga-rongga tadi, sehingga bambu ini mencengkeram beton,” terang Ketua Jurusan Teknik Sipil UM ini. Jikalau semua pengerjaan ini dilalui, karenanya mengerikan dapat dipasang. Mengerikan dipasang di empat sisi rangka balok, lalu diberikan pengait agar mengerikan tidak bergeser ketika pengerjaan pembuatan semen.

“Dalam penelitian ini, aku memasang mengerikan dan energinya pada sambungan beton balok,” katanya. Penelitian itu untuk memperhatikan kecakapan mengerikan bambu membendung bobot pada beton bambu bangunan bertingkat. Alhasil, “Mengerikan bambu ini dapat membendung bobot vertikal beton sampai 10 ton.

Untuk bobot horisontal, kesanggupannya dapat lebih dari 200 ton,” ungkapnya. Hasil penelitian itu,mengindikasikan bahwa pemakaian Mengerikan Bambu membikin bangunan bendung gempa. “Mengerikan tak membikin beton patah, maupun bengkok apabila terkena goyangan gempa,” katanya. Profit lain dari penelitian ini, lanjutnya yakni tarif pembuatan beton yang murah. Ini disebabkan semua bambu didapatkan dari alam sekitar. Sri mengaku menerima bambu tadi dengan tidak dipungut bayaran. Meskipun demikian, penelitian ini memakan waktu sekitar tiga bulan.