SAYURAN ORGANIK: BISNIS PERTANIAN YANG MENGUNTUNGKAN

SAYURAN ORGANIK: BISNIS PERTANIAN YANG MENGUNTUNGKAN

sayuran organik

Crowde – Mengkonsumsi sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, apalagi di masa pandemi seperti ini. Selain itu, karena pandemi, Kemenkes pun ikut menyarankan kita memulai pola hidup sehat dengan semakin menjaga kekebalan imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dari virus Covid-19. Hal tersebut pun seakan makin menaikkan pamor dari bahan pangan organik. Seperti contohnya sayuran organik. Sayur organik sendiri dipercaya menjadi makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi karena proses penanamannya yang tidak memakai bahan-bahan kimia.

Sementara itu, di luar dari manfaat sayuran organik yang bagus untuk kesehatan, sayuran organik merupakan bisnis yang menjanjikan. Peluang bisnis pertanian yang satu ini dinilai dapat memiliki peluang yang besar. Mengingat di masa pandemi seperti saat ini, tingkat konsumsi makanan sehat menjadi meningkat. Bisnis sayuran organik juga dapat dikatakan tidak terlalu rumit, karena tidak memerlukan lahan yang berhektar-hektar. Lahan di belakang rumah juga sudah bisa untuk menjadi lahan untuk menanam sayuran organik. Selain tidak terlalu rumit, keuntungan dari bisnis ini adalah sayuran organik dapat dipanen sebulan dua kali sampai empat kali, bahkan lebih. Contoh sayuran yang biasa ditanam secara organik antara lain bayam, wortel, dan selada. Sementara itu, keuntungan lain dari bisnis pertanian sayur organik masih ada lagi, apa saja? Berikut ulasannya dari crowde

CENDERUNG LEBIH SEGAR

Kualitas dari sayur organik yang lebih segar dibanding sayuran non organik merupakan hasil dari cara penanaman yang tidak memakai pengawet dan bahan kimia lainnya. Karena hal itu dapat merusak rasa dan kualitas dari sayuran itu sendiri.

BERGUNA UNTUK MEMPERKUAT SISTEM IMUN

Salah satu cara mencegah virus Covid-19 adalah memperkuat sistem imun dalam tubuh. Untuk memperkuat sistem imun tubuh disarankan lebih baik mengkonsumsi sayuran organik, kenapa harus sayuran organik? Karena biasanya produksi sayuran non organik banyak yang diproduksi dengan modifikasi genetik. Hal ini menyebabkan penurunan imun tubuh jika dikonsumsi, tapi hal ini tidak berlaku pada sayuran organik karena prosesnya dilakukan secara alami dan tanpa modifikasi genetik apapun.

Kunjungi Juga : Twitter Crowde

KANDUNGAN ANTIOKSIDAN LEBIH TINGGI

Sayuran organik memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena proses penanamannya tidak menggunakan bahan-bahan kimiawi yang bisa merusak kandungan vitamin, nutrisi dan termasuk antioksidan yang ada di dalamnya. Manfaat antioksidan sendiri untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

RASANYA LEBIH ENAKĀ 

Tidak digunakannya pengawet dan bahan kimia saat proses penanaman membuat rasa pada sayuran tersebut menjadi lebih enak. Sayuran organik memiliki rasa yang lebih kuat, baik ketika dikonsumsi mentah maupun matang tidak akan merubah rasa dari sayuran tersebut.

 

Sumber